logo

Istilah-Istilah Dalam Dunia Parfum Yang Perlu Kamu Ketahui (Lengkap 2023)

parfum dan botol-botol parfum

Apakah kamu pernah merasa bingung dengan istilah-istilah yang muncul dalam dunia parfum? Dunia parfum memang penuh dengan istilah-istilah yang mungkin terdengar asing. Tetapi, jangan biarkan hal itu membuat kamu merasa terintimidasi!

Pada dasarnya, setiap istilah tersebut adalah dasar untuk membuka pengalaman dan pengetahuan yang lebih kaya akan dunia parfum. Dengan adanya post ini, diharapkan tidak akan ada lagi yang bingung dengan istilah-istilah dalam dunia parfum. Dengan begitu, kita bisa semakin mengenal parfum dan semakin lebih lagi mencintai parfum aroma parfum yang ada dalam setiap keseharian kita.

Concentrate

Ini adalah esensi murni dari parfum. Parfum pada bentuk murninya (pure) adalah gabungan bahan-bahan beraroma yang belum dicampur dengan alkohol dan air.

Pada dasarnya tingkat konsentrasi dari bahan-bahan beraroma ini akan menentukan seberapa kuat dan tahan lamanya aroma dari parfum tersebut. Concentrate pada umumnya terdiri dari EdC, EdT, EdP dan Pure Parfum (Extrait De Parfum).

Baca Juga: Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Parfum

Piramida Parfum

Ini adalah cara yang digunakan untuk menggambarkan struktur aroma parfum. Biasanya, piramida terdiri dari top note (aroma awal), middle note (aroma tengah), dan base note (aroma dasar).

  • Top note adalah aroma pertama yang tercium saat menyemprotkan parfum dan biasanya menguap paling cepat.
  • Middle note muncul setelah top note menguap dan cenderung menjadi karakteristik yang unik pada sebuah parfum.
  • Base note adalah aroma yang paling lama bertahan yang akan memberikan kesan mendalam terhadap parfum, juga menjadi karakteristik utama pada parfum

Dry Down

Ini adalah tahap di mana parfum telah sepenuhnya meresap dan mulai menunjukkan karakteristik aroma dasarnya atau tahap dimana parfum mulai memasuki base notenya. Bisa dibilang dry down adalah aroma akhir dari parfum setelah semua note lainnya telah menguap.

Cloying

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan parfum yang aromanya terlalu kuat, atau terlalu manis, sehingga bisa membuat orang yang menciumnya merasa tidak nyaman atau eneg.

Versatile

Versatile adalah istilah yang diberikan kepada parfum yang dianggap cocok untuk berbagai situasi, cuaca, atau acara. Misalnya, parfum yang bisa digunakan baik di musim panas maupun dingin, atau untuk acara formal maupun santai.

Signature Scent

Ini adalah parfum yang digunakan secara konsisten hingga menjadi bagian dari identitas seseorang. Biasanya seseorang akan dikenal melalui signature scent yang dia gunakan

Skin Scent

Istilah ini digunakan untuk parfum yang mengklaim dirinya ketika digunakan memiliki aroma mirip dengan wangi alami seseorang atau akan menyesuaikan dengan kondisi kulit seseorang. Ini adalah jenis parfum yang cukup unik dan menjadi pilihan beberapa orang yang ingin tercium unik.

Layering

Ini adalah praktek mengaplikasikan atau memakai dua atau lebih parfum secara bersamaan untuk menciptakan aroma yang unik atau performa yang lebih baik.

SPL (Sillage, Projection, Longevity)

SPL adalah singkatan dari istilah-istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan performa dari parfum.

  • Sillage adalah jejak aroma yang ditinggalkan oleh parfum, atau sejauh mana aroma parfum bisa tercium oleh orang lain.
  • Projection adalah sejauh mana aroma parfum bisa tercium dari titik penyemprotan.
  • Longevity adalah seberapa lama aroma parfum bisa bertahan pada kulit seseorang

Skin Chemistry

Ini merujuk pada bagaimana parfum bereaksi dengan kulit seseorang. Suhu, kelembaban, pH kulit, dan bahan-bahan lain yang ada di kulit dapat mempengaruhi bagaimana parfum tersebut mengembangkan dan mengeluarkan aromanya. Seringkali skin chemistry juga menjadi hal yang sangat mempengaruhi performa parfum pada seseorang.

Maceration

Kalau dalam proses pembuatan parfum, macerasi sering dikaitkan dengan proses yang melibatkan perendaman bahan-bahan aroma dalam cairan (biasanya alkohol) untuk mengekstrak aroma. Proses ini dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa bulan, tergantung pada intensitas bau yang diinginkan dan jenis bahan yang digunakan.

Dalam konteks pemakaian parfum, proses macerasi juga bisa merujuk pada tahap di mana parfum yang telah dicampur dibiarkan 'istirahat' sebelum dikemas atau digunakan. Dalam periode ini, berbagai bahan kimia dalam parfum akan saling bereaksi dan "menggabungkan", menciptakan aroma yang lebih kompleks dan matang. Seperti proses macerasi awal, ini juga bisa memakan waktu dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Macerasi adalah bagian penting dari pembuatan parfum dan dapat mempengaruhi performa dan kualitas aroma dari parfum yang telah melalui proses maceration.

Reformulation

Ini adalah proses mengubah formula dan susunan dari sebuah parfum. Reformulasi bisa dilakukan karena berbagai alasan, seperti perubahan dalam regulasi bahan, mengurangi biaya produksi, atau mencoba memperbaiki aroma parfum itu sendiri.

Desainer Perfume

Designer Perfume (Parfum Desainer) adalah istilah yang diberikan kepada parfum yang dibuat atau dipasarkan oleh sebuah brand atau desainer ternama. Brand-brand ini sering kali lebih dikenal karena memasarkan pakaian, aksesoris, dan barang-barang mewah lainnya yang mereka buat, tetapi juga merilis parfum sebagai bagian dari lini produk mereka dan mendukung penjualan produk mereka.

Misalnya, merek-merek seperti Chanel, Dior, Dolce & Gabbana, dan Gucci, semuanya memiliki lini parfum mereka sendiri, dan banyak dari parfum-parfum tersebut menjadi sangat populer dan diakui secara luas.

Niche Perfume

Berbeda dengan parfum designer, Niche Perfume (Niche Parfum) adalah parfum yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang hanya khusus memproduksi produk parfum, perusahaan niche terkenal lebih independent dan mempunyai skala yang lebih kecil dibandingkan dengan brand designer.

Karena hanya dikhususkan untuk memproduksi produk parfum, biasanya niche akan sangat fokus pada produk parfum mereka. Perusahaan niche sering kali menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan mewah dan lebih berfokus pada kualitas produk parfum mereka dari pada pemasaran dan distribusi massal. Mereka cenderung lebih berani dalam pilihan catatan aroma dan komposisi mereka, dan sering kali menawarkan aroma yang lebih kompleks dan tidak biasa. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan parfum dari niche biasanya mempunyai harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan parfum dari brand designer, meskipun dalam beberapa produk designer mempunyai harga yang juga relatif mahal dibanding produk niche.

Local Perfume

Local Perfume (Parfum Lokal) adalah parfum yang dibuat dan dipasarkan oleh produsen parfum yang berbasis di dalam negeri. Parfum dari brand lokal lebih menargetkan pasar dan konsumen lokal, harga dan juga kandungan dari parfum tersebut biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan konsumen lokal.

Tester Perfume

Tester Perfume (Parfum Tester) adalah parfum yang disediakan secara resmi oleh produsen parfum kepada penjual parfum atau konsumen secara langsung dengan tujuan agar parfum tersebut dapat dicoba atau diuji aromanya sebelum dilakukan pembelian secara penuh.

Parfum tester biasanya memiliki kemasan yang lebih sederhana dibandingkan dengan botol parfum reguler dan mungkin tidak disertai dengan kotak atau tutup botol. Namun, isi di dalamnya sama persis dengan versi penjualan biasa.

Banyak konsumen memilih untuk membeli parfum tester karena harganya yang lebih murah dibanding dengan versi penjualan reguler.

Perfume Dupe

Perfume Dupe (Parfum Dupe atau Clone) adalah parfum yang dibuat atau diproduksi dengan tujuan untuk meniru wangi dari parfum yang sebelumnya sudah pernah ada atau diproduksi.

Biasanya, parfum yang ditiru wanginya adalah parfum-parfum dengan klasifikasi parfum premium dengan harga yang relatif cukup mahal. Dengan adanya parfum dupe, diharapkan para konsumen dapat merasakan atau menikmati aroma dari parfum premium dengan alternatif yang lebih terjangkau.

Kekurangan dari parfum-parfum dupe itu sendiri yaitu pada performa yang ditawarkan yang terkadang lemah dan jauh berbeda dengan performa dari parfum yang coba untuk ditiru, meski dalam beberapa kasus beberapa parfum dupe mempunyai performa yang lebih baik dibanding parfum yang ditiru.

Twist Perfume

Berbeda dengan parfum dupe yang dimana tujuannya untuk meniru wangi dari sebuah parfum, Twist Perfume adalah parfum yang terinspirasi dan dibuat dengan mengkombinasikan wangi dari beberapa parfum untuk menciptakan versi baru dengan sentuhan aroma atau wangi yang berbeda dan lebih baru.

Decant

Decant dalam dunia parfum merujuk pada botol kecil yang biasanya digunakan untuk menyimpan sejumlah kecil cairan parfum. Tujuannya adalah untuk memberikan cara yang lebih terjangkau dan praktis bagi seseorang untuk mencoba berbagai jenis parfum tanpa harus membeli botol parfum dengan ukuran penuh. Ini adalah cara populer untuk mencoba parfum baru atau membawa parfum favorit Anda dalam jumlah yang lebih sedikit saat bepergian.

Vial

Berbeda dengan decant, Vial adalah botol kecil yang biasanya digunakan untuk sampel parfum yang disediakan secara resmi oleh produsen parfum. Seseorang bisa mencoba beberapa vial berbeda untuk menemukan parfum yang cocok sebelum membeli parfum secara penuh.

logo
copyright ©2023 Scenthusiast.All The Rights Reserved